Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik.

Salam semangat buat rekan-rekan Operator Sekolah ataupun Bunda PAUD, pada postingan kali ini admin ingin berbagi informasi seputar Tanya Jawab dari Operator Dapodik PAUD dan Solusi.

rekan Operator Sekolah ataupun Bunda PAUD Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019


Sebelum kita masuk ke pembahasan, admin ingin megucapkan terimakasih kepada rekan-rekan sekalian yang selalu mengikuti perkembangan blog admin terkhusus di setiap postingan Dapodik PAUD. Semoga dengan adanya blog admin ini dapat membantu kita semuanya dalam menyelesaikan tugas rekan OPS PAUD.

Pada postingan kali ini admin akan menampilkan pertanyaan-pertanyaan yang telah rekan OPS PAUD sampaikan di blog admin. Semoga informasi ini bermanfaat bagi rekan-rekan lainnya. 

So, dengan tidak memanjangkan kata-kata langsung kita masuk ke pembahasan kita pada kali ini. 

Kumpulan Tanya Jawab dari Operator Dapodik PAUD dan Solusi

Pertanyaan dari tanggal 27 Agustus - 16 September 2018
1. Pertanyaan dari @Cakra Buana 

" - Tidak bisa login manajemen paud-dikmas dengan menggunakan Satuan Pendidikan, tapi Unit kerja bisa login, bagaimana solusinya?
  - Bagaimana cara mendapatkan kode registrasi?"

Solusi : 

- Apabila rekan tidak bisa login menggunakan satuan pendidikan, silahkan lakukan daftar baru, bagaimana caranya silahkan...
Baca Disini: Cara Mendaftar Pengguna Baru di Manajemen PAUD
Harus diingat, apabila rekan melakukan daftar baru silahkan minta kode registrasi kepada Operator Dinas Pendidikan Setempat. 

- Cara mendapatkan kode registrasi, bagaimana caranya silahkan... 
Baca Disini : Cara Mendapatkan Kode Registrasi Dapodik PAUD 2018/2019

2. Pertanyaan dari @Setia Budi

" Pada saat login di manajemen.paud-dikmas, ketika memilih satuan pendidikan selalu error occured while processing your request, bagaimana solusinya?"

Solusi :

Permasalahan seperti ini bisa disebabkan:
- Jaringan yang kurang bagus
- Manajemen paud banyak yang akses, sehingga muncul pemberitahuan seperti itu, solusinya silahkan rekan coba lagi diwaktu malam hari. 

Baca Disini: Panduan Penggunaan Dapodik PAUD v.3.3.0 2018/2019

3. Pertanyaan dari @Alud Patah Hidayatullah

" Bagaimana kalau salah memilih metode sinkronisasi, trus di rubah pada saat sinkronisasi, sehingga susah untuk disingkronkan".

Solusi: 
- Apabila terdapat permasalahan seperti itu, silahkan agan lakukan registrasi dapodik paud kembali, sebelum melakukan registrasi silahkan ganti metode sinkronisasi di manajemen paud, setelah itu lakukan registrasi kembali. Ingat data yang digunakan tetap sama pada saat melakukan registrasi sebelumnya. 

Baca Disini : Cara Memilih Metode Sinkronisasi dan Kode Registrasi 36 Karakter di Dapodik PAUD v.3.3.0

4. Pertanyaan dari @erwan

" Gagal install hanya sampai 30% saja, muncul belum verifikasi ke manajemen paud padahal sudah berulang kali verifikasi, kemudian saya lakukan reset pengguna".

Solusi: 

Apabila rekan mengalami kendala gagal install hanya sampai 30%, silahkan rekan check informasi berikut ini karena telah admin berikan solusinya. 
Baca Disini : Solusi Gagal Registrasi Dapodik PAUD sampai 30% saja. 

5. Pertanyaan dari @unknown

" Dapodik online kenapa tidak bisa menambah peserta didik, tidak bisa tersimpan, padahal data sudah diisi dengan lengkap".

Solusi : untuk permasalahan ini admin kurang tau pasti apa permasalahannya, karena admin dalam melakukan input dapodik menggunakan Dapodik Offline atau metode sync Offline/Sync Online. Sehingga permasalahan seperti ini admin kurang tau. Tapi, sedikit banyaknya admin akan mencoba menjawab pertanyaan rekan. 

Pastikan jaringan yang rekan gunakan bagus. Biasanya kendala seperti ini terjadi karena jaringan kurang bagus. 

6. Pertanyaan dari @ Furinda Nurira Afifi

" Mengirim data gagal. Penyebab gagal mengirim data: Maff sinkronisasi lembaga ini bukan registrasi terakhir (ID Komputer tidak sama)". 

Solusi : 

Apabila rekan mendapati permasalahan seperti ini silahkan lakukan Registrasi Dapodik Kembali, tetap gunakan data Registrasi Dapodik sebelumnya. Barangkali menjadi pertanyaan kalau registrasi kembali apakah data yang sudah di inputkan hilang?
Jangan khawatir, data yang sebelumnya sudah kita input tidak akan hilang tapi data tahun kemaren dengan data tahun ini akan bergabung. So, rekan OPS akan meluluskan peserta didik tahun kemaren. 
Untuk informasi selengkapnya, silahkan rekan check berikut ini. 

Baca Disini: Solusi Gagal Sinkronisasi Dapodik PAUD di 40% 

7. Pertanyaan dari @unknown

" Berapa lama setelah disinkronkan data masuk di manajemen paud?"

Solusi: 

Pengalaman dari admin, data yang telah di sinkronkan langsung terupdate di manajemen paud dan terkadang kita juga harus menunggu sekitaran 2 sampai 3 hari agar terupdate di manajemen paud. 

Baca Disini : Panduan Penggunaan Dapodik Online

8. Pertanyaan dari @unknown

" Apabila ada Peserta Didik yang sudah diluluskan namun ketika masuk rombel masih ada di rombel?"

Solusi : 

Pengalaman admin kasus seperti itu, data peserta didik sudah diluluskan namun masih ada di rombel solusinya silahkan rekan check informasi berikut.

Baca Disini: Solusi Data Peserta Didik yang Sudah di Luluskan Namun Masih Ada di Rombel

9. Pertanyaan dari @unknown

" Bagaimana cara sinkronisasi dapodik online?".

Solusi: 

Apabila kita menggunakan Dapodik Online, kita tidak perlu lagi melakukan sinkronisasi karena setiap data yang di input di dapodik online secara langsung sudah sinkron. 

Baca Disini: Cara Sinkronisasi Dapodik Online

10. Pertanyaan dari @ unknown 

" Saya sudah input data dapodik online, saya cek di manajemen paud data sekolah bleum sinkron, kira-kira masalah apa dan apakah pengerjaan secara online sudah sinkron atau belum ya?".

Solusi: 

Data dapodik sinkron dua sampai tiga hari setelah singkronisai, terkadang setelah sinkron langsung terupdate. 

11. Pertanyaan dari @Syerly Christina Siregar

" Saya pegang 2 dapodik PAUD, 1. TK dan 1.KB, saya ada kendala dalam dapopaud yang punya KB, saat ini saya mau keluarkan siswa yang sudah naik jenjang ke TK A. Didalam kolom registrasi ada pilihan Lulus, Mutasi, Dikeluarkan, Mengundurkan diri, dan lain-lain. Mana yang harus dipilih? Karena baru menemukan masalah seperti ini?"

Solusi: 

Didalam kolom registrasi rekan memilih Lulus, kenapa? karena berdasarkan pertanyaan rekan ingin mengeluarkan siswa yang sudah naik jenjang ke TK A, otomatis peserta tersebut (KB) sudah lulus dan akan memasuki jenjang TK. 

12. Pertanyaan dari @unknown

" Mau cari koreg bisa dengan cara lain ga? karena sudah login pakai user/pass asal tidak masuk juga akses invalid".

Solusi:

Solusinya rekan menghubungi Operator Dinas Pendidikan setempat, agar dapodik sekolah rekan di reset. Dan jangan lupa untuk meminta kode registrasinya. Karen setelah di reset Operator Dinas harus melakukan Daftar Baru. Bagaimana caranya? Silahkan check informasi berikut ini. 

Baca Disini: Cara Registrasi Pengguna Baru di Manajemen PAUD

13. Pertanyaan dari @Febby Aini Dewi

" gan, saya kan OPS baru, udah ada user/pass pun, perlu registrasi username baru ga? SK Operator upload tu utuk apa? bagaimana solusinya?".

Solusi:

- Apabila rekan sudah memiliki username/password untuk login dapodik, silahkan pastikan terlebih dahulu apakah login tersebut bisa digunakan, caranya silahkan akses manajemen paud, selanjutnya pilih Satuan Pendidikan dan lakukanlah login. Apabila berhasil rekan tidak perlu melakukan daftar baru lagi dan sebaliknya apabila gagal silahkan lakukan registrasi  pengguna baru. 

- Mengenai SK Operator, SK Operator digunakan untuk mendaftar di sdm.data.kemdikbud. Untuk apa gunanya? guna kita mendaftar di website tersebut agar kita sebagai operator dapat mengakses vervalptk, verpalpd dan verval lembaga. 





Demikianlah kumpulan pertanyaan yang telah admin kumpulkan dari tanggal yang telah disebutkan diatas, mohon maaf apabila ada pertanyaan rekan-rekan yang belum ditampilkan, lain waktu untuk pertanyaan selanjutnya akan di update di postingan selanjutnya. 

Silahkan periksa disini untuk Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD Part II

Mohon maaf apabila jawaban kurang memuaskan, dan saran dari rekan semuanya sangat dibutuhkan untuk membantu kita semuanya. Semoga forum tanya jawab ini bisa bermanfaat buat kita semuanya. 


Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Tanya Jawab Seputar Dapodik PAUD 2018/2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel