Persyaratan CPNS 2018 dan Buku Panduan Pendaftaran di SSCN.BKN.go.id

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik.

Persyaratan CPNS 2018 dan Buku Panduan Pendaftaran di SSCN.BKN.go.id | Tanggal 19 September 2018 Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 dibuka. Namun beredar informasi pada tanggal tersebut hanya mengaktifkan server dan web oleh pihak berwenang.
 Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil  Persyaratan CPNS 2018 dan Buku Panduan Pendaftaran di  SSCN.BKN.go.id

Pihak Badan Kepegawaian Negera (BKN) menyampaikan bahwa pada tanggal 19 September 2018 bukan untuk pendaftaran CPNS 2018.

Pada tanggal tersebut hanya melalukan aktivasi web https://sscn.bkn.go.id/ saja.

Bagi kamu yang sudah berencana untuk mendaftarkan diri bersiap-siap saja dan buatlah persiapan yang matang menghadapi seleksi CPNS 2018.

Tentang persiapan yang wajib kamu lakukan agar kamu lancar dalam mengikuti pendaftaran CPNS 2018 dapat kamu baca di artikel dengan judul Hal Yang Wajib Dipersiapkan Untuk Pendaftar CPNS 2018.

Kamu akan mengupload beberapa dokument penting di website pandaftaran CPNS 2018 tersebut. Maka persiapkan berkas dan dokumen penting dalam bentuk softcopy (scan) dan hardcopy (foto copy).

Persiapan lainnya yang diperlukan selagi menunggu pengumuman jadwal pendaftaran yaitu membaca dan mempelajari bocoran kisi-kisi soal yang sudah dikeluarkan secara resmi.

Kamu dapat mendownload bocoran kisi-kisi soal yang dikeluarkan secara resmi oleh BKN/kemenpan RB pada artikel dengan judul Download Soal CPNS 2018 dan Bocoran Kisi-Kisi Resmi BKN Soal Test CPNS 2018.

Lakukan persiapan sebaik mungkin agar kamu terhindar dari hambatan ketika kamu mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi CPNS 2018.

Sementara ini hingga artikel ini diterbitkan alamat website pendaftaran CPNS 2018 belum dapat diakses dan melihat filtur pendaftaran CPNS 2018. Pendaftaran CPNS 2018 hanya dilakukan melalui laman SSCN.BKN.go.id.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga mengumumkan persyaratan dasar bagi melamar CPNS 2018, melalui web resminya.

Apa saja persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta seleksi CPNS 2018 yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Silahkan di catat point persyaratan sebagai berikut :

  1. Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih 
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi PemerintahP
  9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Persyaratan tambahan untuk masing-masing formasi ditentukan oleh PPK K/L/D.
Setelah 9 syarat dasar yang tersebut ditas telah terpenuhi, kamu harus segeral menyiapkan persyaratan pendaftaran CPNS 2018.

Adapun dokumen persyaratan CPNS 2018 mengacu pada pendaftaran tahun sebelumnya adalah sebagai berikut.

Persyaratan Lulusan S1

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
  3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.
  4. Pas foto terbaru ukuran 4x6 cm sebanyak 4 lembar - latar belakang merah.

 

Persyaratan Lulusan D III dan SMA/sederajat

  1. Materai Rp 6.000
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi ijazah/STTB
  4. Fotokopi ijazah SD
  5. Fotokopi ijazah SLTP
  6. Fotokopi ijazah SLTA.
Jika persyaratan untuk pendaftaran CPNS sudah siap diunggah ke SSCN.BKN.go.id, lakukan beberapa persiapan yang matang berikut 7 hal yang wajib kamu siapkan
  1. Persiapkan e-mail aktif
  2. Siapkan scan pas foto 2 X 3 dan 4 X 6 dengan background merah format JPEG maksimal ukuran 300 KB.
  3. Scan ijazah dengan ukuran maksimal 300 KB dengan format PDF.
  4. Kemudian scan transkrip nilai berformat PDF maksimal ukuran 300 KB
  5. Akte kelahiran juga discan maksimal ukuran 300 KB format PDF.
  6. Scan KTP format JPEG maksimal ukuran 300 KB.
  7. Lalu scan bukti akreditasi jurusan format PDF maksimal 300 KB.
Bagi kamu yang bingung dengan cara mengecilkan ukuran foto, kamu dapat membaca dan mengikuti tutoril cara mengecilkan foto yang terdapat pada artikel Mengecilkan Ukuran Foto.

Untuk mengecilkan ukuran file PDF dokument kamu agar bisa di upload ke web pendaftaran CPNS 2018, ikuti saja tutorial cara mengecilkan file Pdf di artikel dengan judul Cara Memperkecil Ukuran Pdf Tanpa Software.

Untuk kelancaran proses pendaftaran, berikut 4 langkah registrasi di sscn.bkn.go.id
  • Melakukan log in menggunakan NIK
Pada tahap awal, calon peserta CPNS 2018 diwajibkan untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

NIK wajib dicantumkan saat calon peserta hendak melakukan log in di laman https://www.sscn.bkn.go.id. Sistem kemudian akan mengecek kevalidan NIK calon peserta.
  • Mendapatkan bukti daftar akun
Untuk calon peserta yang telah dinyataman valid akan mendapat bukti daftar akun.

Bukti daftar akun digunakan untuk mendaftar posisi yang akan dilamar di instansi yang bersangkutan. Calon peserta tetap melakukan pendaftaran melalui link https://www.sscn.bkn.go.id
  • Menyertakan dokumen persyaratan CPNS dalam bentuk pdf
Calon peserta wajib mengunggah dokumen menggunakan format pdf. Dokumen yang kemungkinan perlu dipersiapkan yaitu ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir, surat keterangan akreditasi dari BAN PT, SKCK, surat lamaran, pas foto terbaru, Kartu
Keluarga dan KTP.
  • Cetak kartu peserta
Setelah semua berkas terverifikasi oleh sistem, instansi dapat mencetak kartu peserta. Calon peserta pun akan mendapatkan kartu peserta untuk melaksanakan ujian.
Selain yang sudah admin sebutkan diatas, kamu juga harus memiliki buku panduan atau pendoman pendaftaran CPNS 2018. Dengan memiliki buku panduan pendaftaran CPNS 2018 yang dikeluarkan oleh BKN, kamu akan lebih mudah untuk mengikuti alur proses pendaftaran yang ada di website.

Buku Panduan Pendaftaran CPNS 2018 Download

Demikian yang dapat admin uraaikan dalama artikel yang berjudul Persyaratan CPNS 2018 dan Buku Panduan Pendaftaran di  SSCN.BKN.go.id.

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan informasi bagi kamu yang sudah merencanakan untuk mendaftarkan diri sebagai CPNS 2018.

Jangan lupa tuliskan komentar dengan bijak pada kolom komentar serta sampaikan saran dan kritikan yang membangun untuk admin agar  blog ini dapat dikembangkan lebih baik lagi.

Semoga lulus CPNS 2018 bagi yang memberikan komentar di blog ini.. Amiiiin..!!!

Sumber https://www.cararingkas.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Persyaratan CPNS 2018 dan Buku Panduan Pendaftaran di SSCN.BKN.go.id"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel